Categories
Fun Fact

Film-Film Indonesia Yang Tidak Kalah dengan Film Internasional

Home » All Articles » Fun Fact » Film-Film Indonesia Yang Tidak Kalah dengan Film Internasional

Metodologi Survey: Artikel ini merupakan hasil survey online yang dibagikan pada tanggal 14 -16 Juli 2021 dengan total 500 responden (hasil kolaborasi dengan CINECRIB).

Retina Review x CineCrib

Percaya ga sih kalau sebenernya film Indonesia itu kualitasnya tidak kalah dengan film Internasional? Mari kita buktikan disini!

Kali ini Retina Review berkesempatan untuk berkolaborasi bersama CineCrib, yaitu salah satu akun kece di Youtube yang kebetulan memiliki kesamaan dengan Retina, yaitu review film! Yeaay~!

Di sini kami ingin mencari tahu, sebetulnya film Indonesia itu seperti apa sih di mata para pecinta film. Berangkat dari ide ini, kami memutuskan untuk melakukan survey ke 500 orang yang bisa terselesaikan hanya dalam waktu kurang dari 3 hari! Keren banget ya para pecinta film, gercep!

Dalam survey, kami masih berfokus pada film Indonesia, dimana kami bagi menjadi 5 genre utama, yaitu film horor, film komedi, film romantis/drama, film thriller, dan film action. Sejujurnya kami tidak menyangka bahwa film Indonesia dinilai cukup baik oleh pecinta film Indonesia loh! Jadi bangga dong jadi warga negara Indonesia hihihi.

Untuk mempersingkat kalian menerima informasi yang telah kami dapatkan, kami telah menyajikan data tersebut ke dalam bentuk Infografik yang akan mempermudah kalian melihat datanya.

Here you go!

THE RESULTS

Infografis Retina Review tentang film Indonesia yang berkualitas

Membahas infografik diatas, sebetulnya film Indonesia memiliki rating tinggi pada film Horor dan Komedi loh! Tapi genre lain pun tidak kalah menarik dari top 2 genre ini. Hayo ngaku, siapa yang suka nonton kedua genre ini? Boleh tulis komentar di kolom bawah ya.

Kami juga memberikan top 5 film dari masing-masing genre, siapa tau nih kalian masih ada yang belum sempat menonton film-film yang menjadi top 5 versi Retina x CineCrib ini. 

THE BREAKDOWN : WHAT’S IMPORTANT & COULD BE IMPROVED

Infografis film 2

Selain film itu, kami juga menampung beberapa hal yang menjadi kritikan dari pecinta film Indonesia. Beberapa komentar yang banyak disarankan adalah tentang masalah plot twist. Mereka menilai bahwa film Indonesia terlalu memaksakan untuk adanya plot twist, sehingga banyak film yang berujung menggantung. Selain itu untuk ada kritik juga supaya mereka yang main di film layar lebar tidak melulu yang itu itu saja, mereka berharap ada pemain film baru karena banyak aktor atau aktris yang memiliki potensi untuk berperan juga.

Kurang lebih begitulah hasil survey dari Retina bersama CineCrib. Semoga dengan hasil survey ini bisa menjadi salah satu pertimbangan untuk memajukan film Indonesia supaya tak kalah saing dengan film Internasional. 

Stay safe, Stay healthy, Cheers to us~!

By Retina's writer

Meliput Dunia Perfilman Indonesia via Data Storytelling & Visualisation

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *